Trik Menambah RAM Menggunakan Flashdisk

Pernahkah anda berfikir untuk menambah RAM pada perangkat komputer yang anda miliki..? Memang memiliki RAM dengan kapasitas besar membuat seseorang merasa senang dan puas untuk memakai perangkat komputernya. Tapi, yang menjadi penghalang bagi setiap orang yang ingin menambah RAM pada perangkat komputer yang dimilikinya ialah masalah kocek atau biaya yang akan dikeluarkan. Harga yang mahal masih menjadi persoalan pada saat kita ingin meng-upgrade RAM. Harga RAM yang umumnya DDR3 dijual dalam kisaran per/ kapasistasnya. Misalnya Harga RAM DDR3 1 GB= 95 ribu, 2 GB= 125 ribu, 4 GB= 220 ribu, dan yang 8 GB= 300 ribu. Sementara kapasitas default yang standar dimiliki oleh masing-masing laptop hanya sekitar 2 GB dan untuk mencukupi aktifitas buat main game biasanya kita butuh lebih besar sekitar 4 GB sampai 6 GB dan bahkan ada yang meng-upgrade RAM sampai 8 GB atau lebih.

                  MENGUBAH FLASHDISK MENJADI RAM TANPA SOFTWARE
 
Tapi, bagi anda yang ingin menambah RAM, anda tidak perlu menyediakan biaya yang banyak dan pasti akan menghemat biaya. anda bisa menggunakan cara ini. Menambah kapasitas RAM menggunakan Flashdisk. Sebenarnya ini merupakan fitur bawaan dari windows dan tanpa menggunakan software yakni menggunakan fitur ReadyBoost. Saya akan menjelaskan secara langsung melalui gambar di bawah ini biar bisa lebih jelas..


Klik kanan pada drive Flashdisk anda. Contoh pada gambar drive (H:). Kemudian pilih Properties maka akan muncul kotak dialog berikutnya.
Gambar Kotak dialog properties drive Flashdisk
Pilih tab ReadyBoost pada kotak dialog properties tadi
Silahkan lakukan konfigurasi. Pilih pada pilihan "Use this device" dan atur kapasitas yang diinginkan. Kemudian pilih Apply.
Setelah anda Apply maka akan muncul proses diatas. Setelah proses selesai, pilih OK.
Setelah proses diatas selesai, maka di dalam Flashdisk akan muncul beberapa file konfigurasi seperti gambar diatas ReadyBoost.sfcache dengan ukuran yang lumayan besar sesuai kapasitas yang telah anda tentukan tadi.
Setelah semua proses diatas selesai, Flashdisk anda sudah siap digunakan sebagai RAM.
Selamat Mencoba




Trik Menambah RAM Menggunakan Flashdisk